Minggu, 26 Januari 2014

OPM 14 se Karesidenan Medion (Madiun)



Anak Sholeh kebanggaan Orang Tua
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّهِ وَ بَرَكَاتُهُ
Sayur Urab dicampur daun salam, Tolong jawab kalau saya Salam !
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّهِ وَ بَرَكَاتُهُ
حَمْدًا وَ شُكْرًا لِلّهِ , صَلاَةً وَ سَلاَمًا دَائِمَيْنِ عَلَى رَسُوْلِ اللّهِ ,
.’Anguudubillaahi minas Syaiton nirrojim Bismillaahirrohmaanirrohin: Wa’budu llooha walaa tusyriku bihi sya-i’a, wa bil waalidaini ikhsaana أَمَّا بَعْد
Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya. dan berbuat baiklah kepada kedua orangtua (Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 36)
 Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah,pada kesempatan ini saya akan membawakan pidato dengan judul : Anak Soleh Kebanggaan Orang Tua. Sebagai seorang Muslim kita wajib bersyukur kepada Allah yang Maha Ghofuur, Sholawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW
Nabi SAW bersabda: Al Jannatu tahta Aqdamil Ummahaat Sorga itu berada di bawah telapak kaki Ibu
 Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah,
Hadis tadi mengisyaratkan kepada kita agar senantiasa berbuat baik kepada kedua orang tua Cobalah kita hitung jasa kedua orang tua kita, tentu kita tidak akan mampu menghitungnya, karena jasa mereka sangat besar tiada terkira.
Saat hamil, ibu selalu dalam kepayahan karena mengandung kita, sementara bapak bekerja siang dan malam untuk kelahiran kita. Saat lahir, mereka pun mencurahkan segala perhatian dan kasih sayang kepada kita. Bahkan sampai sekarang kasih sayangnya tiada terkira. Subhanallah, betapa mulia jasa kedua orang tua kita!
Suatu hari, ada seorang sahabat bertanya kepada Nabi SAW, “Siapakah yang patut memperoleh penghormatan terbaik dariku, wahai Nabi?”
“Ibumu.“Ibumu, “Ibumu, “Ayahmu.”

Karena itulah, barang siapa yang durhaka kepada kedua orangtua, niscaya Allah akan menurunkan siksa dan neraka sebagai balasannya. Panasnya, duuuuh…. Minta ampun! Pokoknya puanas banget, ratusan kali lipat panasnya dari yang pernah teman-teman rasakan. Nah, sebagai generasi shalih dan shalihah, marilah kita berdoa untuk mereka: (bersama-sama) bismillahiroh…
اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَ لِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا
Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orangtuaku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku di kala aku masih kecil.
Wahai Ibu-bapa, Wahai para orang tua, Senantiasalah memberi pesan dan nasihat kepada anak-anak mu supaya mereka selalu mentaati Allah dan menjaga perintah agama. Pesan, teguran dan nasihat dari ibu-bapa merupakan butiran mutiara yang lebih berharga dari sekedar emas dan perhiasan. Mari Kita ingat nasihat dan pesan sms dari para nabi dan orang-orang soleh untuk anak-anak mereka sebagaimana terdapat di dalam al-Quran dan juga hadis Nabi s.a.w.

Pada kesempatan ini akan saya sampaikan 2 buah sms
1.
Pesan sms yang pertama dari Luqman al-Hakim
Pesan yang tidak pernah usang dari masa ke semasa
‘Wahai anak ku! Janganlah kamu berbuat syirikkepada  Allah. Sesungguhnya perbuatan syirik itu merupakan satu dosa yang besar”. (Al Qur’an: Luqman: 13)

2. Pesan sms yang ke dua dari  Rasulullah saw kepada Ibnu ‘Abbas

 “Hai nak! Aku ingin member mu beberapa kalimat); ‘Peliharalah Allah nescaya Ia akan pelihara kamu. Apabila kamu meminta, mintalah kepada Allah dan apabila kamu memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah.
Ketahuilah anak ku jika semua manusia bersepakat untuk mengangkat derajat mu, mereka tidak dapat melakukannya melainkan dengan sesuatu yang telah ditulis oleh Allah untuk mu.
 Dan jika semua manusia bersekongkol untuk mencelakai mu, mereka tidak akan dapat berbuat demikian melainkan dengan sesuatu yang telah ditulis oleh Allah akan menimpa kamu. Telah diangkat pena dan telah kering lembaran-lembaran’”. (Hadis Riwayat Imam Tirmizi)
Semuanya sudah di gariskan.

Itulah landasan mental yang sangat kokoh, untuk membentuk pribadi anak yang berkarakter tidak hanya menjadi kebanggaan orang tua, tetapi juga nusa dan bangsa
Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah, demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Billahit-taufiq wal hidayah..
واَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّهِ وَ بَرَكَاتُهُ
 Mahdalena Barid
MI Muhammadiyah Kayutrejo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wa Salam Alaikum

Yang Kuasa Memberkati.