Kamis, 18 Oktober 2012

Antrian Panjang


Jakarta (Pinmas)—Menteri Agama Suryadharma Ali berencana menaikkan setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Jika sebelumnya untuk memperoleh seat (kursi) keberangkatan ke Tanah Suci calon jamaah harus menyetor Rp 25 juta, pada awal tahun depan naik antara Rp 30-32,5 juta.
“Insya Allah tahun depan Setoran awal BPIH akan naikkan antara Rp 30 juta sampai Rp 32,5 juta, ini untuk menekan antrian,” kata Menag kepada pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, menjelang keberangkatan menuju Tanah Suci bersama rombongan Amirul Haj, Rabu (17/10).
Seperti diketahui, jumlah waiting list (daftar tunggu) jamaah haji Indonesia mencapai 2 juta orang. Dengan demikian dana setoran awal telah terkumpul mencapai lebih dari Rp 42 trilyun.
Menurut Menag, semakin besar dana setoran awal yang dikelola Kementerian Agama, semakin besar pula memberikan manfaat bagi jamaah haji Indonesia. “Semakin besar subsidi untuk jamaah,” ujarnya.
Menteri Agama mengatakan, soal dana setoran awal yang kemudian terkumpul dalam jumlah besar termasuk bunga banknya, telah dimanfaatkan untuk jamaah juga. Bunga bank haji yang kemudian disebut dana optimalisasi itu telah dimanfaatkan untuk subsidi jamaah di tanah suci.
”Semua subsidi seperti untuk pondokan, airport tex, katering, general fee diambil dari dana optimalisasi. Menag memperkirakan dana subsidi itu mencapai Rp8,4 juta per orang. Dan tiap tahun kemampuan subsidi itu terus meningkat,” terangnya. (ks)
______________________________
Kalau mau menekan angka antrean dengan jalan menaikkan setoran awal menurut saya jelas tidak tepat, walaupun yang tepat apa saya juga belum tahu. Saya pastikan kebijakan itu tidak tepat. Itu hanya menaikkan jumlah dana optimalisasi saja. Mereka - mereka yang mendaftar itu sudah siap lahir batin berapapun akan dibayar dan ditempuh. Tanya saja pada mereka yang pulang Haji atau Umroh. apakah dengan biaya yang mereka bayarkan itu mereka merasa mahal? Jawabnya tidak, pasti tidak dan mereka mengatakan murah dan tidak sebanding dengan apa yang mereka terima, mereka rasakan selama di Makkah Madinah. Multple reward happyness dream come true, tidak bisa dinilai dengan uang. Kalau mau menekan angka antrean dengan cara menaikkan jumlah setoran itu tidak tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wa Salam Alaikum

Yang Kuasa Memberkati.